Sabtu, 15 Januari 2011

Decision support system



CH 10
COLLABORATIVE COMPUTER-SUPPORTED TECHNOLOGIES AND GROUP SUPPORT SYSTEMS
Characteristics of groupwork
  • kelompok melakukan tugas (kadang pengambilan keputusan, kadang tidak)
  • Anggota kelompok mungkin berlokasi di tempat yang berbeda
  • Anggota kelompok dapat bekerja pada waktu yang berbeda
  • Anggota kelompok dapat bekerja bagi organisasi yang sama atau untuk organisasi yang berbeda
  • Sebuah kelompok dapat permanen atau sementara
  • Kelompok dapat berada di satu tingkat manajerial atau dapatspan beberapa tingkat
  • Ada dapat sinergi (yang mengarah ke keuntungan proses dantugas) atau konflik dalam tugas kelompok
  • Bisa ada keuntungan dan / atau kerugian dalam produktivitasdari tugas kelompok
  • Tugas mungkin harus dicapai dengan sangat cepat
  • Tidak mungkin atau terlalu mahal bagi semua anggota tim untukbertemu di satu tempat, terutama ketika kelompok ini disebutuntuk keperluan darurat
  • Beberapa data yang diperlukan, informasi, atau pengetahuanmungkin terletak di banyak sumber, beberapa di antaranyamungkin eksternal organisasi
  • Keahlian dari anggota non-tim mungkin diperlukan
  • Grup melakukan banyak tugas, namun kelompok manajer dananalis sering berkonsentrasi pada pengambilan keputusan
  • Keputusan yang diambil oleh kelompok adalah lebih mudahuntuk menerapkan jika didukung oleh semua (atau setidaknyasebagian besar) anggota


CH 11
Knowledge management






Knowledge management life cycle

  • Create
  • Capture
  • Refine
  • Store



Characteristics of knowledge
  • Luar Biasa meningkatkan dan hasil yang meningkat
  • Fragmentasi, kebocoran, dan kebutuhan untuk menyegarkan
  • Ketidakpastian nilai
  • Pasti nilai berbagi

Explicit and tacit knowledge
  • Explicit (leaky) knowledge = Knowledge that deals with objective, rational, and technical material (data, policies, procedures, software, documents, etc.)
  • Tacit knowledge = Knowledge that is usually in the domain of subjective, cognitive, and experiential learning. It is highly personal and hard to formalize

Reasons people do not like to share knowledge:
  • General lack of time to share knowledge and time to identify colleagues in need of specific knowledge
  • Apprehension or fear that sharing may reduce or jeopardize people’s job security
  • Low awareness and realization of the value and benefit of the knowledge others possess
  • Dominance in sharing explicit over tacit knowledge, such as know-how and experience that requires hands-on learning, observation, dialogue, and interactive problem solving
  • Use of a strong hierarchy, position-based status, and formal power
  • Insufficient capture, evaluation, feedback, communication, and tolerance of past mistakes that would enhance individual and organizational learning effects
  • Differences in experience levels
  • Lack of contact time and interaction between knowledge sources and recipients
  • Poor verbal/written communication and interpersonal skills
  • Age differences
  • Gender differences
  • Lack of a social network
  • Differences in education levels
  • Ownership of intellectual property due to fear of not receiving just recognition and accreditation from managers and colleagues
  • Lack of trust in people because they may misuse knowledge or take unjust credit for it
  • Lack of trust in the accuracy and credibility of knowledge due to the source
  • Differences in national culture or ethnic background and values and beliefs associated with it

Causes of knowledge management failure

  • The effort mainly relies on technology and does not address whether the proposed system will meet the needs and objectives of the organization and its individuals
  • Lack of commitment
  • Failure to provide reasonable incentive for people to use the system

Factors that lead to knowledge management success
  • Sebuah link ke nilai ekonomi suatu perusahaan, untuk menunjukkan viabilitas keuangan dan menjaga sponsor eksekutif
  • Sebuah infrastruktur teknis dan organisasi yang membangun
  • Struktur, pengetahuan standar yang fleksibel untukmenyesuaikan cara organisasi melakukan kerja danmenggunakan pengetahuan
  • Tingkat orientasi proses untuk membuat suatu usahamanajemen pengetahuan berharga
  • Metode motivasi trivial untuk mendorong pengguna untukberkontribusi dan menggunakan pengetahuan
  • Dukungan manajemen senior

CH 12
Artififcial intelligence and Expert System


Artificial intelligence (AI)
The subfield dari ilmu komputer yang bersangkutan dengan alasan simbolis dan pemecahan masalah



Expert system
Sebuah sistem komputer yang berlaku metodologi penalaranuntuk pengetahuan dalam domain yang spesifik untuk membuat saran atau rekomendasi, seperti ahli manusia. Sebuah sistem komputer yang dapat mencapai tingkat kinerja yang tinggi didaerah tugas itu, bagi manusia, memerlukan tahun pendidikankhusus dan pelatihan.

CH 13
Advanced Intelligent System

Machine learning
The process by which a computer learns from experience (e.g., using programs that can learn from historical cases)

Case-Based Reasoning
Suatu metodologi yang mana pengetahuan dan / atau kesimpulan berasal dari kasus sejarah





















Fuzzy logic
Konsisten secara logis cara penalaran yang dapat menanganiinformasi yang tidak pasti atau sebagian; karakteristik pemikiranmanusia dan sistem pakar banyak.











CH 14
Intelligent System Over The Internet

Intelligent agent (IA)
Seorang pakar atau sistem berbasis pengetahuan tertanam dalam sistem informasi berbasis komputer (atau komponennya) untuk membuat mereka lebih cerdas

Nine major application areas:
  • Membantu dalam pengelolaan alur kerja dan administrasi
  • Bekerja sama dengan agen lainnya dan orang-orang
  • Mendukung e-commerce
  • Pendukung aplikasi desktop
  • Membantu dalam akses informasi dan manajemen, termasuk mencari dan Tanya Jawab
  • Pengolahan e-mail dan pesan
  • Mengontrol dan mengelola akses jaringan
  • Mengelola sistem dan jaringan
  • Membuat user interface, termasuk navigasi (browsing)
























Semantic Web
Web semantik dimaksudkan untuk memungkinkan lingkungan yang independen, sistem informasi yang tersambung ke Internet spesifikasi dapat bertukar pengetahuan dan tindakan, sehingga dalam pelaksanaan suatu kegiatan dapat diterima untuk semua sistem yang terlibat

Keuntungan dari Semantic Web
  • Mudah dimengerti
  • Mudah integrasi sumber daya
  • Menghemat waktu dan biaya pengembangan
  • Pembaruan otomatis konten
  • Mudah menggunakan kembali sumber daya
  • Enhanced mekanisme pencarian
  • Virtual komunitas
Limitation Of Semantic Web
  • Representasi grafis mungkin disederhanakan
  • Alat Pilihan untuk mencari referensi konten dan bangunan kepada contoh yang sudah ada sebelumnya harus ditetapkan dengan
  • Ontologi mungkin tidak benar didefinisikan
  • Agen menggunakan informasi tersebut tidak konsisten, benar,atau tidak memiliki sumber yang dapat dipercaya mungkin terkontaminasi atau mengarah pada keputusan yang salah
  • Keamanan dan isu-isu terkait keprihatinan utama
CH 14
SYSTEM DEVELOPMENT AND ACQUISITION

System development life cycle (SDLC)
Sebuah proses sistematik untuk pembangunan yang efektif dari sistem informasi besar
CH 16

The affect of MSS on managers’ activities and their performance
  • Kurang keahlian (pengalaman) diperlukan untuk membuat banyak keputusan.
  • Pengambilan keputusan lebih cepat mungkin
  • Kurang ketergantungan pada ahli dan analis diperlukan
  • Power sedang didistribusikan di antara manajer
  • Dukungan untuk keputusan yang kompleks membuat mereka lebih cepat untuk membuat dan kualitas yang lebih baik
  • Informasi yang diperlukan untuk pengambilan keputusan tingkat tinggi dipercepat atau bahkan diri sendiri yang dihasilkan
  • Otomasi keputusan rutin dapat menghilangkan beberapamanajer
CH17
Enterprise information systems (EIS)
Sistem yang melayani seluruh perusahaan atau setidaknya duadepartemen fungsional di:
  • Business intelligence (BI)
  • Enterprise resource planning (ERP)
  • Knowledge management (KM)
  • Partner relationship management (PLM)
  • Business process management (BPM)
  • Customer relationship management (CRM)
















Enterprise (information) portal
Sebuah situs Web internal perusahaan (pada intranet perusahaan) yang terintegrasi banyak aplikasi internal dengan yang eksternal.
Pengguna mengakses jenis portal melaluibrowser Web standar.

Why integrate systems?
Tangible benefits
  • Inventory reduction
  • Personnel reduction
  • Productivity improvement
  • Order-management improvement
  • Financial close-cycle improvement
  • IT cost reduction
  • Procurement-cost reduction
  • Cash-management improvement
  • Revenue and profit increase
  • Transportation logistics-cost reduction
  • Maintenance reduction,
  • On-time delivery improvement
Intangible benefits
  • Information visibility
  • New and/or improved processes
  • Customer responsiveness
  • Standardization
  • Flexibility
  • Globalization
  • Business performance
Enterprise resource planning (ERP)
Sebuah proses yang mengintegrasikan pemrosesan informasi dari semua kegiatan rutin dalam organisasi (misalnya,pemesanan, penagihan, produksi penjadwalan, penganggaran,staf) dan di antara mitra bisnis. Juga dikenal sebagai pengelolaan sumber daya perusahaan (ERM)

Customer relationship management (CRM)
Sebuah inisiatif organisasi yang bertujuan untuk benar memberikan berbagai layanan kepada pelanggan, mulai dari call centre berbasis Web untuk program loyalitas, seperti penghargaan selebaran sering

Business process management (BPM) system
Salah satu jenis sistem yang mengintegrasikan data, aplikasi, danorang-orang bersama-sama melalui proses bisnis yang umum.BPM bertujuan untuk merampingkan dan mengotomatisasi proses bisnis, sehingga mengimbangi beban administrasi organisasi danmenciptakan sebuah lingkungan di mana proses tersebut dapat memanfaatkan untuk nilai strategis

Tidak ada komentar: